Sabtu, 03 Februari 2018

Media Komunikasi Online ~ Sim Kom Dig

Pengertian Komunikasi Online

             Komunikasi adalah sebuah proses penyampaian pesan dari sumber pesan (source) kepada penerima pesan (receiver), dengan harapan bahwa si penerima pesan memiliki pemahaman akan makna pesan serupa dengan makna yang dimiliki sumber.
            
           Sedangkan online berasal dari kata dalam KBBI yaitu daring. Daring ini singkatan dari dalam jaringan, yang menunjukkan bahwa online itu terdapat dalam jaringan teknologi dan informasi dari internet. Jadi online adalah segala sesuatu yang terdapat dalam jaringan internet dan terjangkau oleh jaringan tersebut, seperti mesin pencari, website, media sosial, aplikasi chatting, dan lain sebagainya.
   
Maka, Komunikasi online adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan secara online, yang berarti terjadi dalam jaringan internet, dan biasanya dilakukan pada fasilitas serta media elektronik. Misalnya saja pada telepon selular (handphone), komputer, laptop, dan berbagai perangkat yang menggunakan sistem daring dalam proses dan cara kerjanya.

Jenis Komunikasi Online

    1.  Komunikasi Online Sinkron 
           
Komunikasi online sinkron adalah komunikasi online yang terjadi secara serempak dalam waktu bersamaan dan bersifat real time (langsung) dengan menggunakan fasilitas elektronik sebagai media. Pada komunikasi online sinkron, pihak yang berkomunikasi berinteraksi secara langsung dalam proses penyampaian, penerimaan, hingga pemberian feedback dengan bantuan internet. 

Komunikasi online sinkron ini seperti ketika Anda berinteraksi langsung dengan orang lain di dunia nyata yang langsung dan bersifat dua arah, namun bedanya ini terjadi di dunia maya.

Contoh komunikasi online sinkron adalah komunikasi menggunakan aplikasi chatting dengan berbentuk tertulis (text chat) ataupun berupa video (video call). Anda tentu sering menghubungi dan mengobrol dengan teman menggunakan berbagai aplikasi chatting seperti WhatsApp, BBM, Line, dan lain sebagainya menggunakan tulisan atau bahkan saling melihat wajah masing-masing melalui video.

    2.  Komunikasi Online Asinkron

Komunikasi online asinkron adalah komunikasi melalui jaringan internet yang terjadi dengan tidak serempak, tidak langsung, atau tertunda. 
         
Dalam komunikasi online asinkron, proses penyampaian pesan tidak langsung diterima atau diberikan feedback oleh pihak yang diberikan pesan namun membutuhkan waktu beberapa saat. Dengan begitu, proses komunikasi pun tidak terjadi langsung atau di saat yang bersamaan oleh pihak yang memberikan dan menerima pesan.
         
Beberapa contoh komunikasi online asinkron adalah komunikasi melalui email, forum di internet, tulisan di website atau blog, video streaming dari Youtube, dan semacamnya. Komunikasi online asinkron membutuhkan kesediaan dari pihak penerima pesan untuk membaca atau melihat pesan yang disampaikan terlebih dahulu oleh pemberi pesan. Penerima pesan juga bisa memberikan feedback, seperti dengan memberikan komentar atau membagikan informasi yang diberikan, namun tidak secara langsung dilakukan dan diberikan pada pemberi pesan.

Sistem Komunikasi Online


A. Realtime System

Sistem komunikasi online yang memproses langsung data yang diterima dengan seketika yang kemudian hasil pengolahan datanya dikirimkan kembali pada pengirimnya langsung. Sesuai dengan namanya, proses pengolahan dan pengiriman data dilakukan pada saat itu juga atau pada saat yang bersamaan dengan kecepatan komunikasi yang tinggi karena adanya kebutuhan atas data itu segera

B. Time Sharing System

Sistem komunikasi online yang mana pemakaiannya dilakukan dalam waktu yang bergantian atau berbagi waktu penggunaan sistem. Dalam sistem komunikasi ini, proses pengolahan data tidak bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan karena adanya beberapa pengguna yang membutuhkan sehingga dibuat pembagian waktu

C. Batch Processing System

Sistem komunikasi online yang mana prosesnya dilakukan di batch atau tempat masing-masing pengguna. Pada sistem ini, terdapat beberapa pengguna yang memproses data namun memiliki batch masing-masing yang kemudian hasil pengolahan data akan digabungkan atau direkonsiliasi sebelum dikirimkan kembali.

D. Distributed Data Processing System

Sistem komunikasi online yang bersifat interaktif serta berpencar dalam segi geografis namun terhubung dalam suatu jalur komunikasi. Dalam sistem ini, setiap pihak memproses datanya masing-masing namun tetap dapat berhubungan atau melakukan interaksi dengan pihak lain yang sama-sama melakukan pemprosesan data. 

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah kelebihan dari dilakukannya komunikasi online:

  • Komunikasi online mempermudah komunikasi dengan orang lain yang terbatas dengan jarak dan waktu, dimana kita bisa menyampaikan pesan kepada orang yang tidak sedang bersama kita secara fisik. Dengan begitu, kita tetap bisa berinteraksi dengan orang yang mungkin sulit untuk ditemui langsung saat ini atau setidaknya mengetahui kabar mereka. 
  • Komunikasi online dapat dilakukan dengan mudah dan cepat selama terdapat jaringan internet, bahkan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Tidak ada batasan untuk berkomunikasi online, yang penting kita punya perangkat yang bisa digunakan untuk menyambungkan kepada internet dan tentunya jaringan internet itu sendiri.
  • Komunikasi online membuat kita selalu update dan mengetahui berita terkini tanpa harus keluar atau bertanya kepada banyak orang, karena informasi yang disampaikan melalui internet melesat sangat cepat. Kini kita bisa mengetahui berita dari daerah lain yang mungkin tidak terliput oleh media massa, atau hal-hal menarik dari negara lain hanya dari sumber internet.
Sedangkan berikut adalah beberapa kekurangan komunikasi online yang biasa kita rasakan sehari-hari:

  • Dalam konteks dan situasi tertentu, komunikasi online memang mendekatkan yang jauh namun menjauhkan yang dekat. Kita mungkin sering merasakan kalau kita jadi tidak menghiraukan orang di sebelah karena sibuk dengan ponsel dan bermain internet, sehingga komunikasi di dunia nyata justru semakin berkurang dilakukan.
  • Komunikasi online kurang dapat mewakili emosi dalam proses penyampaian pesan dan ini dapat menyebabkan kesalahpahaman. Jika dalam kehidupan nyata kita bisa menggunakan nada bicara atau ekspresi wajah untuk menegaskan apa yang kita ucapkan, komunikasi online terbatas pada tulisan atau emoticon yang terkadang tidak mampu mewakili emosi yang sesungguhnya. 
  • Karena kemudahan penyebaran informasi dalam internet, muncul berbagai informasi yang tidak bisa dipercaya kebenarannya. Semua orang kini bisa membuat dan menyebarkan informasi, atau bahkan berita bohong (hoax), yang tentunya akan mengarah kepada pandangan publik yang tidak tepat.


Komponen – Komponen Pendukung Daring

Terdapat beberapa komponen yang harus tersedia untuk melakukan komunikasi dalam jaringan. Komponen tersebut dikelompokkan menjadi 3 bagian adalah sebagai berikut.

1.      Perangkat Keras (Hardware)

Perangkat keras adalah perangkat yang bentuknya dapat dilihat dan dapat kita raba secara langsung. Contoh dari perangkat keras yang diperlukan untuk melaksanakan komunikasi dalam jaringan adalah sebagai berikut.
  • Komputer
  • Headset
  • Microphone
  • Webcam
  • Perangkat pendukung koneksi internet, contoh : modem, wifi dan sebagainya.
2.      Perangkat Lunak (Software)

  Software adalah perangkat perantara antara perangkat keras (Hardware) dengan perangkat  pengguna (Brainware). Perangkat lunak yang biasa digunakan untuk daring antara lain.
  • Browser
  • Skype
  • Yahoo! Messenger
3.      Perangkat Pengguna (Brainware)

Brainware atau perangkat pengguna adalah manusia yang terlibat dalam penggunaan serta pengaturan komunikasi dalam jaringan.






             
              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar